Rabu, 26 Juli 2017

Niat dan Doa Zakat Fitrah untuk Keluarga

Tidak ada komentar :
akad dalam berzakat

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seseorang yang menganut agama Islam yang dilaksanakan setahun sekali. Waktu pelaksanaan zakat tersebut adalah sebelum sholat idul fitri dan setelah dikumandangkannya takbir yang menandakan bahwa besok adalah hari raya idul fitri yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang menganut kepercayaan sebagai muslim. Adapun zakat fitrah tersebut harus menyerahkan beras sebesar 2,5 kilogram atau dengan membayar uang sejumlah harga beras tersebut. Dan untuk prosesi tersebut, seseorang harus membaca doa zakat fitrah untuk keluarga apabila ia sedang ingin berzakat atas nama keluarganya.

Niat tersebut merupakan pertanda bahwa ia berniat mengeluarkan zakat atas nama keluarganya. Dalam doa zakat tersebut sendiri juga lengkap dengan diberi nama dari orang yang diwakilkan zakatnya karena beragam alasan sehingga ia tidak bisa untuk berzakat sendiri. Dalam doa tersebut tentu saja memuat niat untuk melakukan zakat fitrah yang sifatnya wajib dan untuk memenuhi zakat yang harus dilakukan satu tahun sekali tersebut. Ketika akan melakukan zakat tersebut, untuk doa zakat fitrahnya Anda bisa untuk mencari bacaan untuk niatnya dan dibaca sebelum akan mengeluarkan zakat. Tetapi untuk lebih jelasnya, Anda bisa untuk menitipkan zakat fitrah tersebut ke lembaga zakat.

Biasanya ketika mengeluarkan zakat tersebut, ada beberapa tempat yang bisa untuk didatangi ketika akan melakukan zakat fitrah seperti:

Saudara atau masyarakat papa yang bisa langsung diberikan zakat tersebut ketika akan menjelang lebaran. Sehingga ia bisa untuk menikmati makanan yang diberikan dan tidak ada yang merasa berduka ketika lebaran.
Dapat untuk menyerahkan zakat fitrah tersebut di Mushola atau masjid. Dan sebelum akan menyerahkannya biasanya Anda akan dipandu untuk membaca niat terlebih dahulu.
Dapat untuk menyerahkan zakat tersebut dengan perwakilan yaitu di sekolah untuk siswa-siswi atau di badan zakat yang akan menyerahkan zakat tersebut ke orang yang berhak menerimanya.

Doa zakat sendiri merupakan niat yang harus dibaca sebelum menyerahkannya sehingga akan dianggap sah. Seperti ketika membaca doa wudhu, makan, tidur, dan kegiatan lainnya dalam Islam. Sehingga semua hal tersebut akan diberkati karena di niatkan baik untuk mengikuti perintah Allah mengeluarkan zakat fitrah sebelum lebaran yang hanya satu tahun sekali dikeluarkannya.

Selain untuk doa zakat fitrah yang mewakilkan keluarga sendiri, ada beberapa niatan lainnya yang ada dan bisa untuk dipilih dibaca ketika akan mengeluarkan zakat tersebut. Beberapa niatnya antara lain adalah:

Doa zakat fitrah yang dimana seseorang mengeluarkan zakatnya untuk diri sendiri sehingga ia membaca niat untuk dirinya sendiri.
Doa zakat fitrah dimana orangtua mewakilkan anaknya karena tidak bisa untuk berzakat seperti masih kecil atau sedang sakit.
Doa zakat fitrah dari suami untuk istrinya dan juga untuk yang diwakilkan lainnya.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar