Senin, 10 Juli 2017

Layanan Wakaf Online di Indonesia, Sangat Membantu Urusan Agama

Tidak ada komentar :
Global wakaf

Salah satu cara menginvestasikan harta pribadi supaya dapat berguna di akhirat yaitu sedekah. Selain itu wakaf, ya wakaf merupakan perbuatan sunnah bagi mereka yang bergelimpangan harta dan membaginya untuk dimanfaatkan bagi masyarakat banyak. Allah menjanjikan surga untuk mereka yang mau berlapang dada membagikan hartanya. Wakaf yang sering terjadi yaitu wakaf tanah biasanya langsung diproduktifkan bagi pengelolanya untuk dimanfaatkan dan menghasilkan keuntungan, ada juga sebagian dari mereka yang wakaf bangunan. Rumah misalnya bisa dijadikan panti asuhan, panti jompo atau yang lainnya.

Wakaf itu sendiri selain memberikan manfaat bagi orang banyak tentunya lebih banyak juga keuntungan yang di dapat bagi pemberi wakaf. Wakaf adalah penahanan hak milik seorang muslim umat muslim dengan tujuan untuk menyedekahkan nya. Melancarkan kepentingan-kepentingan masyarakat umum. Harapannya dengan adanya pemanfaatan wakaf dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup umat muslim. Supaya kesenjangan sosial yang terjadi tidak terlalu jauh.

Pahala yang tidak akan pernah putus jika seseorang dapat memberikan wakaf. Bisa dilihat jika seseorang mewakafkan tanah dan oleh masyarakat dijadikan sebagai masjid yang setiap harinya akan dipakai atau digunakan orang untuk mencari pahala. Yang menggunakan saja mendapat pahala apalagi yang memfasilitasi adanya bangunan tersebut. Termasuk orang-orang termulia Allah SWT menyebutkannya dalam al-quran.

Di Indonesia saat ini banyak lembaga yang menajdi pengelola wakaf secara resmi. Mereka bertugas mengatur, memelihara serta mengembangkan kekayaan wakaf yang dimiliki. Sehingga menjadikan wakaf yang sangat produktif dan menghasilkan keuntungan bagi sesame muslim. Tanggung jawab seorang nazhir (pengelola wakaf) juga tidak sedikit, mereka selalu dituntut untuk memberikan laporan setiap tahunnya. Entah itu dari modal kekayaan wakaf, pengembangannya, hasil yang di dapat dan penyaluran kepada siapa. Semua harus teraudit dengan baik.

Bagi Anda yang berniat untuk mewakafkan hartanya sekarang banyak layanan yang diberikan. Cara berwakaf ada dua yaitu:

1. Secara offline, ini cara berwakaf yang memberikan langsung secara nyata akan harta yang akan diwakafkan kepada pengelola.
2. Wakaf online, layanan ini baru beberapa tahun belakangan ini muncul di Indonesia. ini sangat dapat bermanfaat dan tentunya memudahkan mereka yang berniat dalam berwakaf.

Layanan wakaf online di Indonesia memang sangat membantu, kecanggihan teknologi yang sekarang ada telah dimanfaatkan dengan baik bagi mereka yang menciptakannya. Cara kerja wakaf online itu seperti pelayanan yang ada di bank, semuanya dapat dilakukan hanya menggunakan teknologi. Ini tentunya sangat bermanfaat untuk sesame, harta wakaf yang diperoleh lalu dikumpulkan oleh pengelola wakaf. Kemudian harta tersebut bertujuan untuk dibelikan sesuatu yang lebih dapat produktif, misalnya perkebunan, persawahan atau yang lainnya. Lalu hasil dari wakaf produktif online itu disalurkan bagi keberlangsungan hidup masyarakat sosial.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar