Senin, 10 Juli 2017

Hukum Qurban Idul Adha dan Beragam Ketentuannya

Tidak ada komentar :
hukum kurban

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan pun sudah banyak dilakukan umat muslim untuk menyambut hari raya Idul Adha ini. Bagi yang berniat untuk berkurban, di tahun ini Anda juga harus mulai siap-siap memesan hewan kurban dan mempersiapkan uangnya sehingga nantinya hewan kurban sudah siap ketika Idul Adha menjelang. Berkurban sendiri merupakan ibadah yang begitu sakral dilakukan karena janji pahala yang begitu besar.

Meski memang berkurban sudah menjadi aktivitas tahunan, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui hukum qurban Idul Adha yang sebenarnya. Banyak yang menganggap jika hukum qurban adalah wajib, padahal perlu diluruskan kembali jika hukum qurban adalah sunnah muakkad. Meski memang hukum kurban adalah sunnah muakkad, namun ada baiknya jika umat muslim yang mampu tidak meninggalkan ibadah ini karena sangat utama dilakukan jika memang berkelapangan dalam hal rezeki.

Di dalam ibadah kurban juga bukan bisa dilakukan secara sembarangan, namun ada ketentuan dari agama. Waktu penyembelihan untuk hewan kurban ini adalah nantinya mulai dari setelah Id hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah hingga matahari terbenam di tanggal 13 Dzulhijjah. Untuk itu, waktu penyembelihan adalah dalam masa 4 hari tersebut. Barangsiapa yang menyembelih hewan kurban sebelum solat Ied selesai atau mungkin setelah terbenam matahari di tanggal 13 Dzulhijjah, maka ibadah kurban tersebut tidak sah. Meski ada beberapa pendapat dalam hal waktu penyembelihan ini, namun pendapat 10 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah ini adalah yang paling sering dipakai. Penyembelihan pun bisa dilakukan baik siang maupun malam hari, namun penyembelihan saat siang hari lebih diutamakan.

Untuk hewan kurbannya bisa dipilih mulai dari kambing, sapi, unta atau domba sesuai kebutuhan. Namun untuk pilihan hewan yang biasa digunakan di Indonesia sendiri adalah kambing dan sapi dimana kambing senilai untuk kurban satu orang dan sapi adalah untuk kurban tujuh orang. Kurban ini pun tidak sebatas ditujukan bagi muslim yang masih hidup saja, melainkan juga bisa berkurban untuk ditujukan kepada umat muslim yang sudah meninggal.

Pada dasarnya, ibadah kurban ini disyariatkan dilakukan untuk semua muslim yang masih hidup tanpa kecuali, namun bagi yang sudah mampu diharapkan untuk bisa terus rutin berkurban sedangkan yang belum mampu, berusahalah untuk menabung dan memohon agar dimampukan berkurban mengingat pahala besar yang menanti Anda. Dengan berkurban, maka Anda bisa menunjukkan rasa syukur atas segala rezeki dan berkah yang diberikan oleh Allah SWT. Berkurban juga mampu menguatkan rasa solidaritas dan persaudaraan atas sesama muslim karena dengan berkurban maka Anda juga berbagi kebahagiaan dengan sesama muslim lainnya.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar