Jumat, 07 Juli 2017

4 Fakta Terkini Seputar Somalia Kelaparan

Tidak ada komentar :
kelapara di somalia

Berita Somalia kelaparan tentu santer terdengar sebab sudah menjadi bencana global yang tidak memungkinkan ditangani pemerintah Somalia sendiri. Berita naas ini pun sampai di tanah air yang tentunya mengetuk hati siapa saja di sekitar kita untuk memberikan bantuan. Mendengar berita bencana seperti kelaparan tentu miris sekali mengingat di tempat sendiri makanan begitu berlimpah. Ketika menyadari makanan kita sangat dibutuhkan di tempat lain maka usahakan untuk tidak mudah membuangnya begitu saja, dan bisa mencoba memberikan bantuan pada para korban. 

Fakta Kelaparan yang Dialami Somalia 

Lebih baik lagi jika memberikan bantuan, minimal uang tunai atau sembako yang tentu sangat dibutuhkan para korban kelaparan. Sebab terdapat banyak fakta yang membuat siapa saja teriris hatinya mengetahui kondisi di Somalia. Beberapa fakta tersebut antara lain: 

1. Banyak balita dan anak-anak kekurangan gizi, 
Saat ini masalah kelaparan telah mempengaruhi kondisi kesehatan balita dan anak-anak di Somalia. Sudah hampir 360 ribu anak-anak mengalami gizi buruk sehingga tumbuh kembangnya menjadi sangat lambat. Resiko kematian tertinggi juga dialami oleh usia balita dan anak-anak yang sulit bertahan dalam derita kelaparan. 

2. Kekeringan dan peperangan menjadi penyebab utama, 
Mendengar berita kekeringan di Somalia tentu membuat siapa saja bertanya-tanya mengenai penyebab bencana ini. Tercatat bencana kelaparan yang muncul disebabkan masalah kekeringan akibat hujan yang tidak kunjung turun. Penyebab lainnya adalah terjadinya peperangan melawan militan AL-Shabaab yang membuat pasokan bahan pangan menurun. Melibatkan partisipasi negara lain tentu dibutuhkan untuk meredakan peperangan supaya kelaparan tidak semakin parah. Bantuan negara lain pun diperlukan untuk menyediakan bahan pangan layak bagi para korban. 

3. Harga kebutuhan pangan naik drastis, 
Kelaparan ini rupanya membuat persediaan bahan pangan di pasaran Somalia mengalami penurunan signifikan. Ketika permintaan tetap namun barang yang diminta malah stocknya menipis tentu akan mempengaruhi harga. Fakta terbaru mengungkapkan bahwa harga kebutuhan di Somalia terutama dari jenis bahan pangan melonjak drastis. Ketika pertanian gagal tentu penghasilan yang didapatkan terpangkas bahkan tidak ada penghasilan sama sekali. Membeli pangan pun menjadi tidak mungkin dilakukan sehingga semakin banyak korban kelaparan. 

4. Sungai Shabelle yang menyusut drastis, 
Biasanya setiap tahun penduduk di Somalia mengandalkan air yang diperoleh dari Sungai Shabelle. Sungai ini bahkan dikenal sebagai pemasok air bagi seluruh penduduk Somalia, baik untuk lahan pertanian maupun kebutuhan rumahan. Sayangnya sejak tahun kemarin dimana curah hujan terus mengalami penurunan berdampak pada volume air di Shabelle. Kini bahkan berdasarkan data diketahui penyusutan Sungai Shabelle mencapai 60% yang membuatnya hanya bisa dimanfaatkan untuk wilayah terbatas. Kekeringan yang parah membuat bencana kelaparan semakin luas dan menyiksa.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar