Kamis, 08 Juni 2017

Tips Mendapatkan Harga Kambing Kurban Lebih Murah untuk Idul Adha

Tidak ada komentar :
harga jual kambing kurban

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi tiba. Hari Raya Idul Adha ini selalu identik dengan ibadah melakukan pemotongan hewan kurban, baik sapi, kambing ataupun domba. Namun untuk negara Indonesia ini, umumnya hewan kurban yang biasa dipakai adalah kambing dan sapi. Bukan rahasia lagi jika harga kambing kurban atau sapi selalu mengalami peningkatan menjelang Idul Adha karena naiknya permintaan. Harga yang naik biasanya adalah sekitar 10% dari tahun lalu dan bahkan naik hingga 30% untuk waktu yang semakin dekat di hari raya.

Hal ini tentu kerapkali membuat banyak orang yang ingin berkurban menjadi agak keberatan lantaran kenaikan harganya. Kenaikan harga ini adalah disebabkan adanya biaya produksi di distribusi hewan kurban. Berikut ini daftar kisaran harga untuk kambing dan sapi di tahun ini:

1. Harga kambing:

Kambing kelas A dengan bobot 40 kg hingga lebih dibanderol dengan harga 3,5 juta sampai 4,5 juta.
Kambing kelas B dengan bobot 25 kg sampai 35 kg dibanderol dengan harga 2,5 juta sampai 3 juta.
Kambing kelas C dengan bobot 20 kg sampai 25 kg dibanderol dengan harga 1,8 juta sampai 2,2 juta.

2. Harga sapi:

Sapi kelas A dengan bobot di kisaran 450 kg dibanderol dengan harga 36 jutaan.
Sapi kelas B dengan bobot di kisaran 400 kg dibanderol dengan harga 30 jutaan.
Sapi kelas C dengan bobot di kisaran 350 kg dibanderol dengan harga 26 jutaan.

Itulah kisaran harga untuk hewan kurban di saat ini. Harga tersebut masih ada potensi untuk terus naik jika semakin mendekat ke waktu hari raya. Bagi Anda yang ingin berkurban namun memiliki dana yang terbatas, maka bisa mencari hewan kurban dengan harga yang lebih miring dengan tips berikut ini:

1. Carilah hewan kurban pada lokasi tertentu yang memang sudah memiliki lapak tersendiri. Harga bisa lebih stabil jika memang penjual tersebut telah memiliki lapak. Berbeda jika Anda melakukan pembelian di pasar kagetan karena memang harga yang ditawarkan di pasar mendadak seperti yang kerap ada adalah harga yang tinggi.

2. Anda juga bisa mengakalinya dengan membeli agak jauh dari waktu hari raya Idul Adha sehingga harga untuk hewan kurban masih cendrung stabil dan seperti harga umum. Tentu Anda berfikir cara perawatannya bukan? Untuk perawatan sendiri, Anda bisa dengan menitipkan hewan kurban yang sudah Anda beli ke peternak yang kini banyak yang menerima jasa titipan dan jasa perawatan dimana jasa tersebut dibayar dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan harga hewan kurban yang lebih terjangkau. Selamat berkurban!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar