Jumat, 09 September 2016

Tips Membantu Tumbuh Kembang Psikologi Anak

Tidak ada komentar :
Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak memiliki ketergantungan yang cukup tinggi terhadap orang tuanya pada saat menjalani perkembangannya. Baik itu perkembangan secara bentuk fisik maupun perkembangan psikologi anak semuanya tidak akan bisa dilewati dengan baik oleh mereka tanpa dukungan dari kedua orang tuanya. Tentu saja, bentuk dari dukungan tersebut tidak hanya sekedar berupa materi saja, tapi juga perhatian dan kasih sayang yang tulus dari orang tuanya. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mewujudkan perhatian serta kasih sayang kepada anak tersebut?

psikologi anak

Cara Sederhana Memberikan Perhatian Anak Mendukung Perkembangan Psikologi Anak

Pepatah lama mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Itulah sebuah gambaran yang merepresentasikan bahwa seorang anak pasti akan memiliki sifat-sifat yang tidak jauh dari sifat kedua orang tuanya. Oleh sebab itu, bimbingan yang baik akan memunculkan sifat dan efek psikologis yang baik juga untuk mereka. Cara yang mudah dan simpel untuk menunjukkan perhatian kepada anak seperti misalnya:


  1. Memberikan sentuhan dan pelukan kepada anak, merupakan bentuk paling sederhana yang bisa kita lakukan sebagai orang tua. Dengan sentuhan dan pelukan ini, anak akan memiliki kedekatan emosional dan merasa dirinya di sayangi oleh kedua orang tuanya, bahkan ketika mereka sudah beranjak remaja,
  2. Selalu memberikan kata-kata positif, sehingga anak akan merasa dirinya dibanggakan oleh orang tuanya dan bisa memacu keinginannya untuk terus menjadi lebih baik.


Bentuk perhatian lainnya dalam rangka mendukung psikologi pada anak adalah dengan selalu menyediakan waktu yang berkualitas terhadap mereka, yang bisa diwujudkan dalam bentuk:


  • Pergi bersama seluruh anggota keluarga ketika ada waktu luang disela-sela kesibukan orang tua,
  • Membiasakan diri berkumpul setiap hari untuk sekedar mencicipi resep baru sang ibu atau mungkin minum teh bersama di kala sore hari.


Peka Terhadap Masalah Psikologi Anak, Agar Tidak Terlambat Mengatasinya

masalah psikologi anak

Bagi orang tua, sangat penting untuk selalu berada di sisi anak-anaknya pada saat mereka memasuki masa-masa perkembangan, baik itu perkembangan fisik, motorik hingga psikologi anak. Setiap masa perkembangan tersebut pasti akan memiliki ciri-ciri tersendiri, dimana sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mengetahuinya. Namun pernahkah para orang tua mengetahui dan juga mengerti tentang beberapa gangguan psikologis yang mungkin di derita oleh anak-anaknya? Tidak semua orang tahu tentang tanda-tanda ini sehingga perlu sedikit dikupas mengenai permasalahan tersebut.
 
Dalam dunia kedokteran, penyebab dari gangguan atau masalah psikologi pada anak ini bisa muncul karena banyak faktor. Mulai dari faktor genetika hingga pada adanya kemungkinan gangguan biokimia selama anak tersebut berada dalam kandungan. Beberapa contoh masalah psikologi yang seringkali menimpa pada anak antara lain:

  1. Autisme, adalah sikap yang cenderung menutup diri dari segala bentuk komunikasi dan interaksi sosial disekitarnya. Gangguan ini bisa dikenali ketika seorang anak merasa kesulitan untuk memfokuskan matanya pada satu benda ataupun tak bereaksi atas rangsangan suara,
  2. Gangguan kecemasan berlebih, biasanya disebabkan oleh trauma akan sesuatu. Biasanya sikap yang bisa dilihat adalah kecemasan yang tidak beralasan, tidak realistis dan gampang panik meskipun kejadian yang dialami sebenarnya biasa saja,
  3. Asperger syndrome, hampir mirip dengan autis tapi masih bisa sedikit berkomunikasi dengan orang lain dan lebih senang menarik diri dari keramaian.
 
Perhatian dan juga kasih sayang yang tulus dari kedua orang tua, merupakan bentuk pengobatan yang paling ampuh untuk mengatasi gangguan ini. Perhatian tersebut bisa dirupakan dalam bentuk:

  • Memberikan teladan yang baik dalam bersikap maupun bertindak,
  • Senantiasa mengajak anak berinteraksi dalam segala kondisi agar muncul kedekatan emosional.
Dan itulah beberapa poin penting yang perlu anda ketahui. Simple dan sederhana namun jika tidak di lakukan akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologi anak Anda. Semoga bermanfaat dan lihat artikel artikel meitaachiria.com lainnya. 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar