Senin, 05 September 2016

Tata Cara Berobat Menggunakan Kartu BPJS Yang Benar

Tidak ada komentar :
cara berobat menggunakan bpjs

Jika anda telah mempunyai kartu bpjs maka perlunya diketahui tata cara berobat dengan bpjs yang tepat dalam penggunaannya. Akan tetapi jika anda belum memiliki kartu bpjs sebaiknya anda segera mendaftar untuk memilliki kartu bpjs. Anda dapat mendaftar secara online. Setelah proses registrasi telah selesai dan anda dapat menggunakannya untuk berobat dan semua biaya pengobatannya akan ditanggung oleh pihak bpjs.

Untuk anda yang baru mempunyai kartu bpjs tentunya masih bingung dengan cara menggunakannya. Berikut adalah tata cara berobat dengan bpjs tepat.

Pergi ke Rumah Sakit

Bagi pengguna bpjs dapat langsung berobat kerumah sakit tanpa melalui fasilitas kesehatan seperti dokter setempat atau puskesmas atau tanpa surat rujukan tersebut apabila dalam kondisi sangat darurat. Yang dimaksud dengan kondisi darurat disini yaitu dimana kondisi pasien yang sakit dapat mengakibatkan cacat fisik hingga kematian.

Ikuti Prosedur Urutan Pengobatannya

Ketika menggunkan bpjs saat sakit maka hal – hal pertama yang harus berobat ke fasilitas kesehatan dalam hal tersebut ini meliputi dokter atau puskesmas setempat. Jangan terburu – buru kerumah sakit jika tidak mendapat surat rujukan dari fasilitas kesehatan dokter atau puskesmas. Hal ini memungkinkanbesar bpjs tidak akan menanggung biaya pengobatan anda.

Penanganan Pengobatan

Setelah pasien di periksa di fasilitas kesehatan dan ternyata masih dapat di tangani disana maka tidak perlu lagi untuk di bawa ke rumah sakit. Namun apabila ternyata kondisi pasien tidak memungkinkan untuk ditangani di sana maka fasilitas kesehatan akan memberikan rujukan kerumah sakit partner bpjs.

Membawa Kartu Rujukan ke Rumah Sakit

Setelah anda menerima kartu rujukan dari pihak fasilits kesehatan seperti puskesmas maka anda wajib membawa surat rujukan tersebut ke rumah sakit. Tanpa surat rujukan tersebut anda dianggap berobat secara pribadi tanpa menggunakan kartu bpjs.

Bagi anda yang menggunakan kartu bpjs dalam kriteria bukan pasien darurat jangan lupa untuk membawa syarat – syarat sebagai berikut untuk dibawa ke rumah sakit.

  • Kartu bpjs asli dan foto copy
  • Foto copy KTP
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy surat rujukan dari fasilitas kesehatan
Itulah beberapa tahapan penting ketika Anda hendak berobat dengan menggunakan kartu bpjs. Semoga artikel ini dapat menjadikan Anda lebih mengetahui tentang tata cara berobat menggunakan kartu bpjs yang benar seperti apa. Sampai jumpa di artikel meitaachiria.com lainnya, yuk simak artikel meita lainnya.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar